BELI DOMAIN MURAH INDONESIA

DAFTARKAN DOMAIN KEREN!

Beli domain harga termurah se-Indonesia hanya di Wuzz Hosting
Pilih nama domain unik sebagai brand identitas bisnis dan perusahaan kamu

Domain Pilihan dengan Harga Murah

domain com
Ekstensi domain terpopuler untuk segala kebutuhan kamu
hanya Rp 129.000,-
Nama domain yang cocok untuk web jaringan hingga aplikasi
hanya Rp 129.000,-
Wuz Hosting
Nama domain yang tepat untuk kebutuhan organisasi dan komunitas
hanya Rp 129.000,-
Wuz Hosting
Ekstensi domain terbaru untuk website yang mudah diingat
hanya Rp 129.000,-
Wuz Hosting
Ektensi domain unik untuk berbagai situs web penuh kreativitas
hanya Rp 129.000,-
Wuz Hosting
Nama domain yang cocok dengan tema teknologi dan elektronika
hanya Rp 129.000,-
domain store
Nama domain yang tepat untuk alamat toko online kamu
hanya Rp 129.000,-
domain online
Ekstensi domain yang cocok dengan gaya hidup serba online
hanya Rp 129.000,-
Domain baru tak perlu mahal:
.xyz, .asia, .online, .space, .net, .tech, .solutions, .world, .biz dan lain-lain
Selengkapnya

FAQ Domain Murah:
Pertanyaan dan jawaban seputar tool cek domain dan domain pada umumnya

Apa itu nama domain?

Nama domain diibaratkan seperti alamat fisik sehingga orang-orang akan menemukan Anda dengan mudah di World Wide Web. Karena itulah, baris di bagian atas web browser disebut baris alamat, tempat Anda mengetikkan nama domain untuk mencari website.

Apabila nama domain dimisalkan sebagai alamat rumah, maka server di mana website Anda dibuat diumpamakan sebagai bangunan fisik. Ketika membuat website, Anda mengatur nama domain yang diarahkan ke server. Bilamana para pengunjung ingin mengunjungi website Anda, mereka cukup mengetikkan nama domain. Beberapa saat kemudian halaman web akan terbuka. Tanpa nama domain, pengunjung mau tak mau harus mengetikkan alamat IP (misalnya 87.249.281.92) server Anda.

Sebagian besar website yang Anda buka memiliki nama domain. Sebagai contoh, Google.com merupakan nama domain. Facebook adalah nama website dan Facebook.com sebagai nama domainnya.
Nama domain hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Meskipun demikian, ada satu persamaan, yakni semua domain terdiri atas dua bagian - label (misalnya, Wuzz Hosting) dan top-level domain (misalnya, '.co.id'). Ekstensi top-level domain bermacam-macam, mulai dari kata sandi negara (misalnya, '.co.uk atau .de') sampai ke kode spesifik untuk beberapa sektor, seperti .gov yang ditujukan bagi organisasi pemerintah dan .edu untuk institusi pendidikan.

Di samping itu, dengan lebih dari 330 juta nama domain yang terdaftar, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), yang mengelola keseluruhan arsitektur sistem nama domain, baru-baru ini mendapati kebutuhan akan tipe nama domain baru. Oleh karena itu, ICANN mengumumkan ekstensi umum top-level domain (gTLD), seperti .bike, .clothing, .guru, dan .ventures.

Alhasil tersedia banyak sekali jenis domain untuk dipilih. Namun di saat bersamaan, orang-orang juga akan kebingungan untuk memilih mana domain yang tepat. Memang hal ini menuntut keputusan yang besar. Segera eksekusi jika sudah menemukan domain yang tepat. Kami tidak menyarankan Anda untuk mengganti nama domain setelah proses pembelian dan registrasi.

Bagaimana cara kerja nama domain?

Pada saat membeli nama domain dari registrar resmi (seperti Wuzz Hosting), Anda berhak menggunakan nama domain tersebut untuk jangka waktu tertentu.

Ketika nama domain Anda sudah terdaftar, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkannya ke server di mana website diaktifkan. Perlu diketahui, proses pengalihan ini membutuhkan waktu hingga 72 jam bagi setiap perubahan yang Anda buat untuk dipropagasi, karena masing-masing penyedia internet dari berbagai belahan dunia membutuhkan waktu untuk memperbarui record mereka.

Kelebihan memiliki nama domain adalah Anda bisa menggabungkannya dengan layanan lain, seperti alamat email. Anda juga dapat membuat subdomain (contoh, http://subdomain.yourname.com) dan membuat redirect dan forwarder. Bahkan Anda pun bisa membeli berbagai nama domain dan mengalihkan semuanya ke website yang sama.

Nama domain juga bersifat interoperabilitas, yang berarti domain bisa digunakan di mana saja, tidak harus di penyedia tempat Anda beli domain tersebut. Sama halnya jika Anda ingin mengubah penyedia hosting. Anda pun dapat memindahkan nama domain.

Mengapa Anda membutuhkan nama domain?

Ada beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan nama domain, dan salah satunya adalah domain sangat bagus untuk branding. Alih-alih memiliki nama umum untuk website bisnis, seperti brandname.wordpress.com, membuat nama dari domain sendiri justru akan terlihat lebih profesional. Sudah jadi rahasia umum kalau website yang punya nama domain sendiri lebih kredibel.

Namun, alasan membeli nama domain tidak hanya seputar brand saja. Bahkan alasan utama di balik keinginan orang membuat website adalah mereka ingin memiliki kontrol penuh terhadap sesuatu. Ketika menggunakan situs jaringan sosial atau penyedia blog gratis, atau bahkan ketika menjual produk di Amazon dan eBay, Anda sepenuhnya bergantung pada website-website tersebut. Jika pemilik situs mengubah ketentuan penggunaan atau tiba-tiba layanan down, maka Anda berada dalam masalah besar.

Ketika nama domain berhasil didaftarkan, pada saat itulah Anda akan berhenti bergantung pada situs-situs lain. Nama domain sepenuhnya milik Anda, dan Anda memiliki kontrol penuh terhadap apa pun yang ingin dilakukan. Anda dapat mengelola sejumlah alamat email, menentukan server mana yang diakses situs, dan bahkan menjual atau mentransfer kepemilikan domain jika memang Anda ingin melakukannya.

Di samping itu, status nama domain berpengaruh langsung terhadap peringkat website Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Nama domain lama lebih diprioritaskan daripada nama domain baru, dan core tiap mesin pencari adalah model sitasi. Mesin pencari akan menentukan seberapa besar pengaruh website Anda yang didasarkan pada tautan yang diarahkan ke sana - jadi, jika tidak ada nama domain, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan apa pun dari link yang ditautkan ke situs Anda.

Bagaimana cara memilih nama domain terbaik untuk website saya?

Siapa pun dapat memilih nama domain yang tepat dan terbaik untuk websitenya. Anda bahkan bisa mendaftarkan beragam nama domain. Oleh karena itu, Anda bebas menentukan nama domain yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Pertama-tama, gunakan tool cek domain kami untuk mencari tahu ketersediaan nama domain yang diinginkan, termasuk ekstensi domain terpopuler. Umumnya, Anda akan memasukkan nama perusahaan - atau jika memiliki situs blog, Anda akan memasukkan nama blog. Seandainya jika nama domain yang Anda pilih tersedia dan untuk esktensinya Anda memilih .com, maka tinggal selangkah lagi menuju pengaktifan domain. Jangan lupa untuk mendaftarkan domain terlebih dulu.

Karena ada banyak sekali nama domain yang sudah terdaftar, proses pendaftarannya terkadang menyulitkan. Sebagai contoh, kemungkinan besar Anda harus mencari nama domain lain untuk dipasangkan dengan ekstensi .com. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk lebih kreatif. Namun, jangan khawatir. Dengan adanya tool cek domain, mencari nama domain akan menjadi mudah. Anda akan dihadapkan pada kombinasi berbagai nama domain untuk dipilih.

Sebaiknya, buatlah nama domain yang mudah diingat. Misalnya, sebagian besar perusahaan terbesar di dunia memilih nama domain dengan menggabungkan dua kata (seperti YouTube, Snapchat, Instagram, dll). Cobalah mengombinasikan kata-kata yang berbeda sampai Anda benar-benar menemukan nama domain terbaik yang tersedia untuk situs Anda.

Tool cek domain yang kami sediakan juga bisa digunakan untuk mencari tahu apakah nama domain Anda tersedia sebagai nama pengguna di berbagai situs jaringan sosial terpopuler. Jika memang tersedia, daftarlah juga di situs tersebut, meskipun akun Anda hanya berakhir sebagai placeholder. Jangan sampai nama domain yang jadi incaran telah 'direbut' oleh follower media sosial Anda.

Anda bisa beli banyak domain dan mengarahkan semuanya ke situs yang sama. Saran ini cukup berguna jika Anda masih belum yakin apakah ingin membeli .com atau .us atau apabila Anda khawatir pengunjung situs mengalami kesulitan membaca nama domain yang Anda buat.

Saya sudah mendaftarkan nama domain, tetapi bisakah saya mengubahnya nanti?

Setelah nama domain Anda terdaftar, domain tersebut sepenuhnya adalah milik Anda untuk jangka waktu tertentu meskipun di kemudian hari bisa saja Anda menjual atau mengubah kepemilikannya menjadi milik orang lain.

Tidak akan jadi masalah jika Anda ingin beli domain murah yang baru dan berencana menggunakan domain tersebut alih-alih domain yang lama. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya saja, sama seperti ketika membeli nama domain pertama dan mengarahkannya ke webserver Anda.

Meskipun pada akhirnya Anda bisa mengubah nama domain, jangan melakukannya sesering mungkin. Semakin sering nama domain diakses, maka semakin besar juga tingkat keberhasilan website Anda. Setiap kali nama domain diubah, semua hasil kerja keras yang Anda dapatkan di nama domain sebelumnya akan hilang.

Berapa lama pendaftaran nama domain berlaku?

Minimalnya, nama domain akan berlaku selama setahun sejak didaftarkan. Namun, Anda bisa memperpanjang pendaftarannya hingga tiga tahun jika masih ingin menggunakan nama domain tersebut.

Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk memperbarui nama domain. Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email ketika sudah saatnya Anda harus memperbarui nama domain. Anda juga bisa mengaktifkan perpanjangan otomatis sehingga selama metode pembayaran Anda berstatus valid, pendaftaran nama domain Anda akan secara otomatis diperbarui pada interval reguler.

Apakah saya harus menambahkan www di depan domain?

Sebenarnya, jawabannya tergantung pada tipe pertanyaan Anda. Jika masih ingin mengecek ketersediaan domain dengan tool Cek Domain, maka Anda tidak perlu menambahkan www di depannya.

Namun, jika hal ini berkaitan dengan keinginan Anda untuk menentukan URL setelah membeli suatu domain, maka peletakan www bergantung pada kebutuhan Anda. Apa pun yang akan Anda lakukan, pastikan untuk tetap konsisten. Jika website Anda menggunakan baik http://www.namaanda.com maupun http://namaanda.com, sebaiknya perlakukanlah sebagai dua website yang berbeda.

Secara historis, website menyertakan www di depan domain sehingga ketika URL-nya digunakan dalam paket, poster, dan bahan pemasaran offline lainnya, orang-orang akan tahu bahwa kata tersebut menunjuk pada alamat 'World Wide Web'. Saat ini, internet sudah dapat diakses oleh banyak orang dari mana saja. Oleh karena itu, www tidak perlu disertakan lagi, bahkan ada beberapa orang yang mengusulkan untuk menghilangkan saja www agar para pengunjung situs lebih mudah mengingat alamat web.

Bagaimana caranya menggunakan tool cek domain?

Gunakan tool cek domain pada saat Anda telah membuat atau memiliki calon nama domain. Lupakan ekstensinya (misalnya .com) sejenak. Buatlah beberapa nama domain terlebih dulu, lalu ketikkan di tool cek domain untuk mengecek ketersediaan berbagai variannya sampai menemukan yang diinginkan.

Anggap saja Anda hendak mencari ketersediaan nama domain 'contohsitusanda'. Pada saat mengetikkan nama tersebut di kolom pencarian, lalu klik 'Cek Domain', Anda akan melihat respons yang menyatakan bahwa 'contohsitusanda.xyz tersedia'. Di bawahnya juga tersedia pilihan-pilihan lain termasuk contohsitusanda.org dan contohsitusanda.net.

Menariknya, selain mengecek nama domain yang Anda masukkan, tool cek domain juga akan menawarkan pilihan lain. Selain seperti contoh di atas, Anda juga akan mendapat opsi nama domain 'yes.it' dan 'yoexsi.com'. Kedua nama ini menjadi alternatif yang menarik. Terkadang beragam opsi tersebut memunculkan ide baru bagi Anda alih-alih menggunakan nama domain yang telah direncanakan sebelumnya.

Cek domain dapat digunakan untuk mencari sebanyak mungkin nama domain yang Anda butuhkan. Teruslah berkreasi dengan membuat berbagai nama domain hingga menemukan pilihan yang tepat. SIlahkan kunjungi halaman https://www.wuzzhosting.com/whois/ untuk mengecek domain database kami.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan nama domain di Wuzz Hosting?

Anda tidak membutuhkan apa pun untuk mendaftarkan nama domain di Wuzz Hosting. Layanan kami terbuka untuk semua orang - termasuk Anda!

Pada saat proses pendaftaran berlangsung, Anda hanya perlu memasukkan informasi tertentu untuk memastikan bahwa kami menyimpan informasi kontak Anda jika suatu saat terjadi masalah. Untuk beli domain yang sudah dibuat, Anda wajib memiliki metode pembayaran yang valid.

Anda tidak perlu menjadi pelanggan tetap jika ingin menggunakan tool cek domain Wuzz Hosting dan mendaftarkan nama domain. Anda dapat mengarahkan nama domain yang didaftarkan pada Wuzz Hosting ke tempat hosting yang telah dimiliki sebelumnya. Namun, sebaiknya hosting & nama domain berada di satu tempat yang sama. Karena itulah, kami menawarkan layanan hosting dan registrasi nama domain.

Saya sudah memiliki nama domain. Bisakah saya mentransfernya ke Wuzz Hosting?

Tentu saja bisa! Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ketika Anda mendaftarkan nama domain, maka nama domain tersebut sepenuhnya milik Anda - dan bukannya perusahaan di mana domain Anda terdaftar.

Namun, nama domain Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Untuk informasi selengkapnya terkait transfer nama domain, silakan klik di sini untuk masuk ke halaman transfer domain. Langkahnya sangat mudah. Kami juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan selama proses berlangsung.

Apa itu TLD?

TLD merupakan singkatan dari 'top-level domain', dan digunakan untuk merujuk ke bagian alamat web setelah titik terakhir, misalnya .com, .gov, dan .org. Anda tidak bisa membuat website tanpa TLD, dan tiap nama domain terdiri atas label (contohnya, Wuzz Hosting) dan TLD (contohnya .com).

Kelebihan TLD adalah Anda akan tahu website seperti apa yang dituju, dengan pengecualian .com yang pada awalnya ditujukan untuk komersil 'commercial' tetapi sekarang sudah banyak digunakan. Contoh lain adalah .org (organisasi), .edu (pendidikan), dan .gov (pemerintah).

TLD dapat dibagi ke dalam dua kategori: top-level domain berdasarkan kode negara (ccTLD) dan top-level domain umum (gTLD).

Apa itu ccTLD?

Top-level domain berdasarkan kode negara (ccTLD) merupakan subkategori dari TLD yang digunakan untuk mengidentifikasi negara tertentu. TLD ini mengirimkan sinyal kepada pengguna dan mesin pencari bahwa website tersebut dibuat untuk pengunjung yang berasal dari kawasan tertentu. Misalnya, Google memiliki Google.com sebagai situs umumnya, tetapi pengunjung yang dari UK bisa membuka Google.co.uk dan pengunjung dari Jerman dapat mengakses Google.de.

Apa itu gTLD?

Top-level domain umum (gTLD) merupakan jenis nama domain yang paling banyak digunakan karena kategori ini menyertakan domain .com - yang memiliki registrasi terbanyak jika dibandingkan dengan ccTLD lainnya apabila digabungkan. Secara historis, gTLD utama adalah .com, .org, .net, .edu, .gov, dan .mil. Kini sejumlah gTLD telah diperbanyak. Alhasil sekarang tersedia gTLD seperti .online, .xyz, dan .name.

Apa itu ccTLD?

Top-level domain berdasarkan kode negara (ccTLD) merupakan subkategori dari TLD yang digunakan untuk mengidentifikasi negara tertentu. TLD ini mengirimkan sinyal kepada pengguna dan mesin pencari bahwa website tersebut dibuat untuk pengunjung yang berasal dari kawasan tertentu. Misalnya, Google memiliki Google.com sebagai situs umumnya, tetapi pengunjung yang dari UK bisa membuka Google.co.uk dan pengunjung dari Jerman dapat mengakses Google.de.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan nama domain?

Tidak butuh waktu lama! Kami bahkan menawarkan registrasi dan pengaktifan nama domain instan sehingga Anda bisa segera menggunakan nama domain baru.Kami pastikan bahwa proses registrasi dilakukan secepat mungkin dan tanpa hambatan. Proses pendaftaran nama domain hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Bagaimana caranya mendapatkan nama domain gratis?

Wuzz Hosting menawarkan nama domain gratis jika Anda memilih paket hosting cPanel, hosting Direct Admin, hosting Plesk, Reseller Hosting dan Web Hosting. Anda bisa mengawalinya dengan membeli web hosting dan domain gratis seharga Rp.37,900/bulan. Setelah mendapatkan nama domain yang tepat, jangan tunda lagi - daftar dan beli domain murah sekarang!

Apa yang harus dilakukan jika nama domain yang saya inginkan telah digunakan?

Apabila nama domain yang Anda inginkan telah diambil dan digunakan oleh pengguna lain, maka sebaiknya carilah nama domain yang jarang dibuat oleh kebanyakan orang. Misalnya, tambahkan satu kata lagi ke nama domain tersebut atau ganti satu kata dengan kata lain. Bisa juga daftar domain menggunakan ekstensi berbeda, seperti menggunakan ccTLD alih-alih domain .com.

Opsi lain adalah dengan menggunakan tanda penghubung. Jadi, alih-alih menggunakan namawebsitesaya.com, Anda bisa menulis nama-website-saya.com. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati - pastinya Anda tidak ingin memunculkan kebingungan dengan memiliki nama yang hampir mirip dengan nama domain milik orang lain.

Mencari nama domain yang tepat memang membutuhkan lebih banyak kreativitas dan pengetahuan. Terkadang Anda harus sabar dan berulang kali melakukan kesalahan. Namun, hal ini wajar. Suatu saat pasti Anda akan mendapatkan nama domain yang tepat. Anda hanya perlu mencari sampai menemukannya.

Apa itu perlindungan privasi?

Ada kalanya perlindungan privasi dikenal dengan nama perlindungan WHOIS karena layanan ini menyembunyikan informasi tertentu terkait pemilik nama domain meskipun masih bisa ditemukan melalui WHOIS lookup.

WHOIS merupakan organisasi internasional yang menyimpan dan menampilkan data tentang nama dan registrar domain, termasuk kapan domain tersebut didaftarkan, masa berlaku domain, siapa yang mendaftarkan domain, dan ke mana nama domain tersebut di arahkan.

Siapa pun dapat memasukkan nama domain ke dalam database WHOIS dan menerima informasi tersebut. Perlindungan privasi merupakan opsi tambahan yang memberi kesempatan bagi Anda untuk tidak menampilkan data domain ke publik.

Tentu saja, perlindungan privasi ini tidak diwajibkan. Namun, jika Anda ingin mengganti informasi nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan nama bisnis dengan sekumpulan informasi generik dan tidak dapat diidentifikasikan, maka opsi ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Apa perbedaan antara .com, .net, .org, dan .info?

Keempat TLD ini memiliki satu kesamaan, yakni termasuk dalam gTLD (top-level nama domain yang bersifat umum) dan tersedia untuk registrasi publik. Hal ini berarti selama tak ada orang yang mendaftarkan nama domain spesifik yang hendak Anda gunakan, maka Anda bisa menggabungkan nama domain yang diinginkan dengan semua ekstensi ini.

Masing-masing gTLD memiliki arti yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, pilihlah yang paling relevan dengan website Anda. Domain .com biasanya digunakan untuk tujuan komersil, seperti toko online atau situs bisnis, meskipun penggunaan domain ini semakin meningkat karena menyiratkan sejumlah kepercayaan. Awalnya domain .net digunakan oleh perusahaan jaringan (seperti penyedia layanan internet), tetapi sekarang TLD ini dapat dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Domain .org sangat sering digunakan karena pada awalnya domain ini ditujukan untuk kegiatan amal, komunitas, dan organisasi lokal. Sementara itu, domain .info digunakan oleh website berbasis informasi, seperti wiki dan situs tutorial.

Dengan semua gTLD ini, Anda bisa melakukan apa pun. Tak ada aturan yang melarang satu penggunaan tipe nama domain saja - dan tak ada tes yang harus Anda lalui jika ingin mendaftarkan nama domain. Anggap saja aturan tersebut sebagai panduan - dan Anda bebas mendobraknya bilamana ingin mendapatkan nama domain yang tepat.
Web Hosting Super Cepat, Termurah dan Terbaik Indonesia
Wuzz Hosting | Cloud Hosting powered by LiteSpeed, Direct Admin, cPanel, Plesk, CloudLinux, php7, BitNinja, Imunify360 and ClodFlare.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram